Blogroll

Senarai Tajuk

Agama (340) Al-Quran (21) Amazing (60) Anak (39) Bahaya (41) Contest (1) Crazy (73) Doa (9) Download (75) E-Book (2) Fotografi (3) Garage Sale (3) Hiburan (220) Hidayah (20) Hot's (116) Ibadah (10) Info (356) Jahitan (5) Jawatan Kosong (1) Jimak (2) K-Pop (31) Kenderaan (28) Kesihatan (72) Kisah Benar (13) Kisah Sufi (11) Kitab (8) Lawak (72) Misteri (21) Most (61) Movie (82) Nabi Muhammad S.A.W (31) Ngeri (122) Novel (7) Pelancongan (2) Pelik (99) Pendidikan (231) Peraduan (1) Personal (111) Pertahanan (5) Rawatan Islam (3) Renungan (74) Resepi (5) Scarf / Shawl (8) Sejarah (29) Semasa (188) Sempoi (188) SEO (1) Seram (27) Sukan (86) Syiah (3) Teknologi (35) Tips (22) Top (10) Tutorial (67) Ulama (23) Ustaz Azhar (35) WallPaper (1) Yahudi (18)
There was an error in this gadget

Promosi Terbaru!!! Sila Klik Dibawah!!!

Saturday, February 4, 2012

Cara Yang Betul Mencuci Muka



Apa langkah pertama dan penting untuk perawatan wajah? Jawabannya adalah mencuci muka. Ketika membersihkan muka, berarti anda telah menghilangkan residu, kotoran dan minyak dari wajah. Sebagian besar dari kita, baik wanita maupun pria pasti sadar akan hal itu, dan membersihkan wajah dua kali sehari sudah menjadi hal wajib.

Tapi, banyak diantara kita yang kurang memperhatikan cara mencuci muka yang baik dengan tidak memperhatikan formula yang terdapat dalam produk pembersih, atau memperlakukan wajah dengan kasar, seperti menggosoknya terlalu keras.

Sekarang ini, ada banyak produk pembersih wajah yang dijual di pasaran, mulai dari jenis foam, gel atau krim yang diformulasikan untuk berbagai jenis kulit berminyak hingga sensitive. Karena itu, Anda perlu memperhatikan lebih dulu, pembersih apa yang cocok untuk jenis kulit wajah Anda.

Jika kulit Anda kombinasi atau cenderung berminyak, pilih formula pembersih yang mampu mengangkat kelebihan minyak di wajah dan mengurangi sebum. Sedangkan untuk jenis kulit kering dan sensitif, gunakan pembersih dengan formula lebih ringan dan mengandung pelembap.
Pastikan produk yang Anda pilih bebas minyak (oil-free), tidak menyumbat pori (non-comedogenic), tidak menimbulkan iritasi (hypoallergenic) dan tidak menimbulkan jerawat (non-acnegenic). Sekarang ini, kebanyakan produk pembersih mengandung banyak bahan aktif untuk berbegaai keperluan, seperti alpha hydroxy acids (membuat wajah lebih cerah), salicylic acid (mencegah jerawat dan membunuh bakteri), vitamin, mineral, glycerin, collagen (mengencangkan wajah), elastin dan sodium laureth sulfate.
Bagaimana Cara Mencuci Muka yang Benar?
Langkah 1. Cuci Tangan
Selalu cuci tangan sebelum membersihkan muka, memakai makeup atau memegang wajah Anda. Tanpa disadari, sangat banyak bakteri yang menempel di tangan Anda, dan jika tidak dibersihkan, bakteri dan kotoran yang menempel pada tangan bisa berpindah ke wajah Anda. Gunakan sabun antibakteri dan cuci tangan secara perlahan dengan air hangat.
Langkah 2. Kuncir atau Ikat Rambut Anda
Dengan menguncir rambut, selain lebih mudah membersihkan, wajah Anda juga akan terhindar dari kotoran yang mungkin menempel pada rambut.
Langkah 3. Bersihkan Makeup
Jika menggunakan makeup, ada baiknya jika Anda membersihkannya dahulu dengan makeup remover sebelum mencuci muka, agar produk bisa bekerja lebih efektif. Pilih makeup remover berformula lembut, yang cocok dengan kulit Anda. Bersihkan bagian mata terlebih dahulu.
Langkah 4. Basahi Muka
Percikkan sedikit air hangat ke wajah agar pori-pori lebih terbuka. Dengan begitu, produk bisa membersihkan lebih mendalam.
Langkah 5. Menggunakan Sabun Muka
Taruh sedikit pembersih di telapak tangan atau sponge. Gosokkan di telapak tangan hingga berbusa, dan usapkan secara lembut dengan jari-jari tangan atau sponge ke seluruh wajah, mulai dari dahi, hidung, pipi, dagu hingga leher. Pijat lembut wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit.
Yang perlu diingat, jangan langsung membilas setelah memakainya, biarkan formula pembersihnya meresap ke dalam kulit selama beberapa menit (biasanya 1 atau 2 menit).
Langkah 6. Membilas
Basuh muka dengan air beberapa kali hingga sisa-sisa sabun tak terasa lagi di wajah. Gunakan air dingin agar pori-pori tertutup dan melancarkan sirkulasi darah. Kemudian, keringkan dengan handuk bersih.
Langkah 7. Gunakan Toner
Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, sangat disarankan menggunakan face toner setelah mencuci muka. Toner berfungsi membersihkan sisa makeup, kotoran dan minyak yang mungkin masih tertinggal meskipun telah dicuci dengan sabun muka. Toner juga berfungsi mengecilkan pori, menghilangkan minyak dan menjernihkan kulit. Usapkan toner secukupnya ke wajah dengan kapas.
Langkah 8. Lembapkan Kulit
Oleskan moisturizer atau face cream berbahan dasar air setiap habis membersihkan wajah, agar wajah selalu terjaga kelembabannya. Pastikan juga bahwa Anda menggunakan pelembap yang sesuai jenis kulit.

0 comments:

Post a Comment

Assalamualaikum & Salam Sejahtera! Terima kasih atas kunjungan..Semoga ada manfaat bersama..Amin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jadual Kuliah Ustaz Azhar Idrus

Jadual Kuliah Ustaz Azhar Idrus

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More